Apakah Soda Api Merusak Paralon? 2 Bahaya Tidak Boleh Disepelekan

Apakah soda api merusak paralon? Pasti pertanyaan tersebut yang langsung ada di benak kamu saat mendapati informasi cara penggunaan bahan tersebut untuk mengatasi pipa yang mampet atau tersumbat. 

Pasalnya, pipa saluran air yang mampet akan sangat mengganggu aktivitas sehari-hari. Mulai dari mencuci, masak, bahkan untuk mandi. Nah, sebenarnya apakah bahan tersebut aman digunakan untuk mengatasi masalah tersumbat? Mari simak beberapa penjelasannya berikut. 

Apakah Soda Api Merusak Paralon? 

Jawabannya tentu saja iya! Meskipun bahan tersebut juga sering direkomendasikan untuk mengatasi WC mampet, namun Herifianto dari CV Mitra Sabena mengatakan bahwa penggunaan bahan kimia tersebut sebenarnya salah dan tidak boleh dipakai untuk mengatasi kloset atau pipa yang tersumbat. 

Perlu kamu pahami, soda api merupakan bahan kimia yang bersifat korosif. Bahan tersebut memiliki sifat panas yang tinggi. 

Bisa kamu bayangkan apabila soda api masuk ke dalam paralon akan jadi seperti apa? Yup, pipa paralon bisa saja jadi bengkok bahkan pecah akibat tekanan panas dari soda api. 

Hm, sangat berbahaya bukan? Memang tujuannya mempermudah orang-orang yang memiliki masalah saluran air tersumbat atau WC mampet, namun ternyata dari cara mengatasi tersebut malah bisa menimbulkan masalah lain yang tidak pernah kamu sadari sebelumnya. 

Apa Bahaya dari Soda Api?

Nah, jika kamu masih belum paham sebenarnya apa saja bahaya-bahaya dari soda api selain bisa merusak pipa paralon di rumah, simak beberapa penjelasan di bawah ini. 

1. Bahaya Terkena Kulit

Yang paling fatal dan sering dialami adalah soda api terkena kulit tangan. Hal tersebut tentu sangat membahayakan karena bisa menimbulkan luka bakar yang serius akibat sifat panas dari soda api tersebut. 

2. Bahaya Terjangkau Anak-anak

Terlebih jika kamu meletakkan soda api di tempat yang bisa anak-anak jangkau, sangat bahaya apabila terkena kulit bahkan sampai dimakan. Wah, tidak boleh terjadi! Karena bisa menimbulkan keracunan bahkan mengancam nyawa jika itu benar terjadi. 

Kedua bahaya tersebut bukan hal yang sepele. Kamu benar-benar harus memperhatikan hal tersebut sebelum mengatasi paralon yang mampet menggunakan soda api. 

Apa Yang Harus Dilakukan Jika Saluran Air dan WC Mampet?

Stop dulu melakukan perbaikan dengan cara menggunakan bahan-bahan panas seperti soda api.  Sekarang sudah ada penyedia jasa seperti sedot WC Jakarta Utara yang bisa menangani masalah di kamar mandi. 

Salah satu pelayanannya adalah sedot WC dan perawatannya. Nah, coba hindari melakukan perbaikan dengan bahan di atas tadi dan mulailah berkonsul kepada pihak yang lebih profesional di bidangnya. 

Tim ahli pastinya lebih paham bagaimana mengatasi saluran air yang tersumbat dan kloset mampet dengan cara yang aman dan sesuai standar. Maka kamu tidak akan kerepotan dan kebingungan lagi jika di kamar mandi terjadi masalah seperti tadi. 

Selain itu, mulailah untuk tidak membuang benda apapun ke dalam pipa dan juga WC. Karena masalah mampet juga terjadi akibat benda asing seperti pembalut, tusuk gigi, plastik, bahkan tisu toilet yang terbuang ke saluran. Tentunya kamu tidak boleh menyepelekan hal tersebut karena nantinya akan menimbulkan masalah lain. 

Nah, sekarang kamu sudah paham, apakah soda api merusak paralon? Jawabnya sangat benar, sifat panas yang ditimbulkan bahan tersebut bisa merusak paralon. Untuk itu, hindari informasi yang mengatakan bahwa soda api bisa kamu gunakan untuk perbaikan WC ataupun saluran air. 

Baca Juga: Cara Mendapatkan Naga Legendary di Dragon City