Apa Bedanya Manga dan Manhwa? Pecinta Anime Harus Tahu!

Disini pasti kamu belum tahu betul ya, apa sih bedanya Manga dan Manhwa? Jika iya, pada kesempatan kali ini, Pada artikel ini kami bakalan ngasih tahu ke kamu semua bedanya dua jenis komik ini, untuk berita manga atau manhwa terlengkap dapat kami temukan di Animesaku!

Informasi ini bakalan sangat berguna bagi Anda pecinta anime dan Jepang. Maka dari itu, artikel ini akan memberikan informasi mengenai hal ini. Nah langsung saja, inilah informasinya:

Bedanya Manga dan Manhwa

Asal Negara

Bedanya Manga dan Manhwa

Pada dasarnya, dua jenis hiburan ini adalah sama. Berbentuk komik yang memiliki alur cerita. Namun ada perbedaan dari negara yang membuatnya. Dimana, Manga adalah komik dari Jepang sedangkan Manhwa berasal dari Korea Selatan.

Karena asal daerahnya beda, maka konsekuensinya adalah bahasanya juga beda. Manga berbahasa Jepang dan Manhwa berbahasa Korea.

Baca juga: Media Sosial paling Ngetren dalam Dunia Teknologi Telekomunikasi

Teknik Menggambar dan Pewarnaan

Bedanya Manga dan Manhwa
manga | Fairy Tail
Bedanya Manga dan Manhwa
manhwa | The Secret of Angel

Perbedaan yang selanjutnya adalah teknik menggambar. Lebih pada karakteristik gambar yang ada. Karena karakteristik dari Manga dan Manhwa sangatlah berbeda. Karena memang komik dari Jepang dan Korea tentu saja berbeda.

Manga lebih condong ke gambar anime yang khas Jepang, sedangkan Manhwa lebih ke realistis seperti kehidupan orang-orang Korea. Maka dari itu, dari karakteristik gambar pasti Anda sudah bisa menebaknya.

Selain itu, proses pewarnaannya juga berbeda. Dimana Manga lebih hitam putih dan mendetail. Sedangkan Manhwa lebih berwarna. Maka dari itu, perbedaan ini bisa dikatakan lebih mencolok.

Tema Cerita

Bagi kamu pecinta Anime, pasti tahu dong gimana cerita-cerita yang ada dalam anime. Banyak banget genre anime yang ada di zaman ini. Pada dasarnya, Manga juga sama. Memiliki banyak genre.

Berbeda dengan Manhwa yang kebanyakan adalah cerita kehidupan sehari-hari atau drama. Karena memang basic karya dari orang Korea adalah drama yang menyangkut kehidupan sehari-hari.

Selain tiga aspek di atas, pada dasarnya masih banyak perbedaan dari Manga dan Manhwa. Mulai dari penerbitannya, bahasa, karakter, hingga cara membaca.

Mungkin cukup demikian beberapa perbedaan Manga dan Manhwa. Semoga setelah ini Anda semakin mengerti perbedaan dari dua jenis komik ini.