Komik Anime dan Manga Untuk Pembelajaran Bahasa

Komik Anime dan Manga menjadi sangat populer, hampir seluruh dunia sudah mengenal dan menjadi penikmat setia jenis komik yang satu ini. Media mendongeng Jepang ini menyampaikan cerita yang penuh dengan karakter dinamis dan latar belakang yang beragam.

Mungkin Anda bertanya-tanya apa sih perbedaan di antara anime dan manga. Pada kesempatan kali ini kami akan membahas untuk Anda mengenai keduanya, agar Anda memiliki pengetahuan baru terutama untuk belajar bahasa Jepang, sesuai komik berasal.

Apa perbedaan antara anime dan manga?

Anime adalah gaya animasi khusus yang berasal dari Jepang. Hal ini ditandai dengan kontras tinggi, warna-warna cerah dan elemen tematik dari fiksi ilmiah dan fantasi. Saat ini, media bergaya anime sedang dibuat di seluruh dunia.

Beberapa orang hanya mengkategorikan animasi yang diproduksi di Jepang sebagai anime, sementara yang lain merujuk pada animasi apa pun yang menggunakan gaya visual ini sebagai anime, di mana pun ia diproduksi.

anime dan manga
japanweb magazine

Manga, di sisi lain, adalah gaya komik dan novel grafis Jepang. Layaknya seperti anime, komik ini ditandai dengan karakter wajah yang kuat dan sedikit berlebihan dalam menggambarkan sebuah karakter disertai warna-warna cerah.

Gampangnya, anime adalah jenis komik yang ditayangkan secara audio visual pada media TV atau film, sedangkan manga sendiri adalah berupa buku komik atau novel grafis. Kedua media berbagi gaya visual yang unik dan banyak manga yang ceritanya menjadi dasar anime.

Selain anime dan manga ada juga komik yang berjenis persis sama dengan anime maupun manga. Komik yang berasal dari negeri gingseng ini bernama Manhwa. Keseruan isi cerita komik asal korea ini juga tidak kalah serunya dengan komik jepang.

Bahkan minat para penikmatnya sangat besar dan menjadi tren anak muda di Asia saat ini. Sebagai rekomendasi komik manhwa bisa Anda temukan pada manhwaland.

Mengapa Anda harus belajar bahasa Jepang melalui anime dan manga?

Anime sendiri banyak memberikan pengaruh kepada penikmat komik jepang. Ini mirip dengan menonton drama dan film Jepang untuk belajar. Anda bisa duduk santai dengan camilan untuk menonton serial favorit baru Anda sambil beristirahat dari rutinitas belajar bahasa Jepang yang biasa, menulis surat di buku catatan, menyalin tabel tata bahasa, dan mencoba memasukkan lebih banyak kosakata ke dalam otak Anda.

Menjadi lebih mudah karena Anda telah belajar belajar bahasa Jepang dengan subtitle. Tenang, jangan lupa nyalakan subtitlenya dan nikmati banyak manfaat yang didapat dengan menonton anime.

Anime biasanya menggunakan bahasa Jepang sebagai bahasa percakapan, yang berarti Anda memiliki kesempatan untuk memperkuat keterampilan mendengarkan kosakata, tata bahasa, dan pengucapan Anda.

Untuk manga, alasan mengapa membaca manga bagus untuk Anda yang belajar bahasa Jepang adalah lebih sedikit kata dan lebih banyak gambar.

Pada level awal, manga hanyalah versi Jepang dari sebuah buku komik, dan kebanyakan orang dapat mengingat menikmati komik sebagai seorang anak. Komik mudah dibaca oleh anak-anak karena mengandung banyak gambar dan lebih sedikit teks daripada buku biasa.

Dari perspektif ini, masuk akal bagi pelajar Jepang untuk membaca manga. Jadi manga adalah langkah awal yang bagus untuk melanjutkan perjalanan belajar Anda. Anda juga akan melihat banyak onomatopoeia Jepang, serta banyak kalimat pendek dan sederhana.

Penggemar mangga banyak sekali, dengan target kelompok mulai dari anak-anak, remaja hingga dewasa. Dalam hal ini, kamu tidak perlu malu membaca manga karena kamu tidak akan terlihat kekanak-kanakan.

Karena penerbit manga juga menginginkan basis pelanggan yang besar, furigana sering ditemukan di manga. Pembaca yang lebih tua mungkin melewatkannya sementara pembaca yang lebih muda menggunakan furigana sebagai bantuan. Jelas, itu belum pernah dilihat sebagai bantuan bagi pembaca asing, tetapi Anda akan mendapatkan yang terbaik darinya.

Jika Anda membaca manga dan melihat furigana untuk karakter kanji tertentu, Anda dapat membaca karakter tersebut. Apa cara yang sederhana dan mudah untuk belajar Kanji.

Manga adalah cara yang bagus untuk mengembangkan keterampilan membaca bahasa Jepang dan ceritanya sangat menghibur. Manga ini memiliki kalimat ilustrasi pendek untuk menunjukkan apa yang sedang terjadi dan sering kali menyertakan furigana, yang sangat berguna bagi pelajar bahasa Jepang.

Demikian ulasan menarik mengenai komik anime dan manga yang bisa saya sampaikan, semoga bermanfaat untuk Anda. / Aha

Baca Juga: Apa Bedanya Manga dan Manhwa? Pecinta Anime Harus Tahu!