Keikutsertaan Masyarakat, Bagian dari Langkah-Langkah Pelaksanaan AMDAL

Di dalam langkah-langkah pelaksanaan AMDAL, terdapat satu cara lain yang dapat menyertakan masyarakat untuk bisa ikut andil di dalamnya. Hal ini bertujuan agar bisa lebih terbuka dengan masyarakat yang ada di sekitar wilayah rumah sakit. Berikut ini akan diulas lebih lanjut dan simak uraian berikut hingga akhir

Peranan Masyarakat untuk Pembuatan Dokumen AMDAL

Langkah-Langkah Pelaksanaan AMDAL

Sebagai salah satu dari bagian langkah-langkah pelaksanaan AMDAL. Masyarakat yang bisa turut berperan dalam pembuatan dokumen ini juga tidak dapat dilakukan dengan sembarangan. Pasalnya, terdapat kriteria tertentu untuk pemrakarsa mengikutsertakan masyarakat ini. 

Beberapa diantaranya yaitu masyarakat yang benar-benar terkena dampak dan masyarakat yang menjadi pemerhati lingkungan. Selain itu, masyarakat yang telah terpengaruh terhadap setiap keputusan di dalam pembuatan AMDAL juga dapat ikut turut serta didalamnya. 

Pengikutsertaan masyarakat ini dapat dilakukan dengan melalui pengumuman terkait dengan rencana sekaligus konsultasi public. Hal ini dapat dilakukan sebelum adanya penyusunan dokumen KA atau kerangka acuan. Melalui cara tersebut, Anda dapat mengikutsertakan masyarakat untuk bisa memberikan saran dan juga pendapatnya. 

Pendapat tersebut nantinya akan ditanggapi secara tertulis oleh pemrakarsa, gubernur, walikota atau Menteri. Tanggapan tersebut tetap saja akan disesuaikan dengan penilaian terhadap dokumen AMDAL. 

Apa Muatan Informasi yang Ditunjukkan dalam Prosedurnya?

Di dalam proses penyampaian pengumuman terkait dengan rencana usaha pembangunan ini. Dapat disampaikan beberapa informasi meliputi nama serta alamat bangunan tersebut didirikan, jenis usaha yang akan dilakukan, dan skala dari usaha yang akan berlangsung. Di samping itu, Anda juga dapat menyertakan dampak potensi yang akan ditimbulkan. 

Misalnya saja dengan potensi munculnya emisi yang dikeluarkan dari cerobong asap. Selain itu juga potensi terhadap timbulnya limbah cair, terganggunya kesehatan masyarakat dan masih banyak yang lainnya. Namun jangan sampai terlewatkan untuk memberikan konsep dalam pengendalian dampak yang akan terjadi.

Setelah itu, Anda dapat menyertakan tanggal pengumuman mulai di viralkan serta batas waktu untuk masyarakat memberikan saran hingga tanggapan lain. Bagi Anda yang masih bingung, media apa yang dapat dilakukan untuk memberikan pengumuman ini. 

Baca juga: Lebih Paham dengan Perbedaan SLF dan IMB

Media Massa yang Dapat Digunakan

Umumnya, jenis media yang dapat dilakukan yakni dengan melalui media cetak. Hal ini dapat berupa surat kabar nasional maupun surat kabar lokal. Yang mana media ini dapat disesuaikan dengan kewenangan penilaian yang diberikan oleh AMDAL. Selain itu, juga dapat dilakukan dengan menggunakan papan pengumuman yang dapat dijangkau oleh masyarakat. 

Terkait dengan langkah-langkah pelaksanaan AMDAL, penyebaran akan pengumuman ini juga dapat dilakukan dengan media pendukung lainnya. Seperti halnya dengan mencetak spanduk, pamphlet, brosur dan masih banyak yang lainnya. Segala macam bentuk informasi dapat disampaikan dengan tertulis maupun tidak tertulis. 

Namun, perlu untuk diperhatikan tata cara bahasa yang ditunjukkan harus menggunakan bahasa dan tulisan yang baik dan benar. Di samping itu juga harus disampaikan dengan sangat jelas. Sehingga, masyarakat dapat lebih mudah mengerti dengan informasi apa saja yang telah Anda sampaikan,  

Untuk durasi penyampaian pengumuman ini, biasanya dapat dilakukan dalam kurun waktu 10 hari kerja. Dengan begitu, masyarakat mempunyai hak untuk andil dalam menyampaikan segala saran dan juga pendapat selama periode 10 hari kerja tersebut. 

Itulah, penjelasan terkait dengan keikutsertaan masyarakat yang menjadi salah satu bagian dari langkah-langkah pelaksanaan AMDAL. Untuk memudahkan Anda dalam mengurus dokumen penting yang satu ini. Akan jauh lebih baik jika dilakukan dengan bantuan jasa pengurusan AMDAL