10 Tips Memasak Agar Hidangan Anda Terasa Istimewa

Memasak adalah seni yang sangat luas. Setiap juru masak memiliki preferensi dan teknik yang berbeda. Meskipun beberapa dapat dipelajari dengan sedikit keterampilan, teknik lainnya akan lebih menyita waktu Anda.

Artikel ini akan memberi Anda beberapa tips kunci yang akan meningkatkan kemampuan memasak Anda.

Berikut berapa tips yang dapat membantu meningkatkan kemampuan memasak Anda.

Pengaturan Dapur Yang Baik

Setiap orang yang memasak harus memiliki pengaturan dapur yang baik. Jika Anda tidak teratur, Anda tidak akan tahu di mana menemukan parutan keju atau spatula saat Anda membutuhkannya.

Cobalah untuk menjaga agar benda-benda dengan tujuan yang sama saling berdekatan. Sebagai contoh, simpan semua bumbu Anda dalam satu lemari agar mudah.

Keterampilan organisasi yang baik dapat membantu Anda menghindari kecelakaan memasak. Waktu yang Anda habiskan untuk memasak juga akan lebih produktif jika Anda teratur.

Jika Anda tidak terorganisir, Anda akan mulai melupakan apa yang Anda beli dan itu akan membuat Anda menghabiskan terlalu banyak uang yang seharusnya dihabiskan untuk sesuatu yang akan Anda makan.

Menyimpan Bumbu Dapur Secara Benar

Dengan penyimpanan yang tepat, Anda dapat menyimpan rempah-rempah untuk jangka waktu yang lama. Secara umum, bumbu dan rempah-rempah yang siap giling akan mempertahankan rasa dan aroma mereka hingga satu tahun.

Pastikan Anda menyimpan bumbu dapur menggunakan tempat penyimpanan yang kedap udara, seperti misalnya standing pouch. Jika disimpan dengan benar, bumbu bisa tetap utuh dan beraroma baik hingga lima tahun.

Saat Anda menyimpan rempah-rempah dan bumbu, simpanlah di tempat yang sejuk dan gelap. Paparan panas, cahaya, dan kelembapan dapat menyebabkannya kehilangan rasa.

Membuat Saus dengan Cepat!

Inilah trik yang bisa Anda gunakan untuk menghemat saus dengan cepat! Mulailah dengan 1 sendok makan dan tambahkan lebih banyak tepung jagung sampai Anda mencapai konsistensi yang diinginkan. Aduk campuran ini ke dalam saus encer dan itu akan mengental.

Anda perlu menambahkan larutan ini dengan sangat perlahan dan aduk sambil menambahkan agar saus tidak menjadi terlalu kental atau gosong.

Potonglah Daging Sebelum Dibumbui

Saat Anda membumbui daging, Anda harus membuat potongan kecil terlebih dahulu sebelum Anda memasak seluruhnya. Hidangan seperti bakso, daging cincang, dan hamburger perlu dibumbui dengan hati-hati.

Hindari memasak semuanya setelah dibumbui. Cobalah membuat sedikit patty dan masak dulu. Setelah Anda mencoba sampel, Anda dapat memperbaiki bumbu atau melanjutkan memasak.

Masaklah Sayur Secara Cepat

Memasak sayuran dengan cepat lebih disukai daripada metode memasak lambat. Jika Anda memasak sayuran lambat, mereka akan kehilangan nilai gizi dan rasanya. Teknik memasak ini membuat sayuran lebih sehat secara keseluruhan. Jika Anda tahu cara memasak sayuran dalam waktu sesingkat mungkin, Anda akan menikmati sayuran yang lebih enak dan bergizi.

Jamur menyerap air yang tidak ingin Anda tambahkan ke dalam resep. Gunakan kain bersih untuk menyekanya.

Menghilangkan Bau Bawang Putih Secara Cepat

Bawang putih adalah bahan yang bagus tetapi dapat meninggalkan bau yang menyengat pada tangan dan peralatan Anda. Untuk menghilangkan bau, cukup pegang tangan Anda dan gosokkan ke sisi wastafel baja tahan karat.

Ini cocok untuk bawang putih dan makanan lain yang meninggalkan bau menyengat di tangan Anda. Trik praktis ini membersihkan tangan Anda sehingga bau tidak akan berpindah ke apa yang akan Anda sentuh selanjutnya.

Saat Anda berencana membuat makanan yang membutuhkan bawang putih, belilah bawang putih yang segar. Bawang putih yang lebih tua cenderung berbau dan berasa berkayu, sedangkan bawang putih segar memiliki rasa yang manis namun gurih.

Jika bawang putih Anda tidak layu atau lembut dan memiliki kulit yang bagus dan kencang, bawang putih Anda masih segar.

Cara Ideal Memasak Labu

Cara ideal untuk memasak labu adalah dengan meletakkan labu di atas permukaan pemotongan. Potong labu menjadi dua, lalu di tengah. Letakkan setiap bagian di atas loyang itu sendiri dengan sisi potongan menghadap ke bawah. Taburi loyang dengan sedikit air dan biarkan labu dipanggang selama satu jam pada suhu 350 Fahrenheit.

Menyiapkan Kaldu Secara Cepat dan Tepat

Jika Anda hanya memiliki waktu singkat untuk memasak daging panggang, biarkan tulang di dalam daging.

Tulang berfungsi sebagai saluran untuk menarik panas ke tengah daging panggang Anda, membantu daging panggang lebih cepat matang. Setelah selesai memasak, potong tulang dari daging panggang dan sajikan.

Siapkan kaldu sendiri untuk menikmati hidangan yang lebih beraroma. Anda dapat menggunakan kantong yang dapat ditutup kembali untuk menyimpan kelebihan apa pun di dalam freezer jika Anda menyiapkannya dalam jumlah banyak.

Dengan melakukan ini, Anda akan selalu memiliki kaldu buatan sendiri yang lezat saat Anda ingin membuat sup atau jenis hidangan lainnya. Dengan membuat sendiri kaldu, bisa dipastikan tidak penuh dengan bahan pengawet.

Memberi Rasa Tambahan Pada Pasta

Untuk memberi tambahan rasa pada saus pasta, gunakan sedikit air yang digunakan untuk memasak pasta. Takar seperempat cangkir dan letakkan di samping. Saat Anda siap untuk mencampurkan pasta dan saus, tuangkan sedikit air.

Pati dari air pasta akan menambah tubuh dan “rasa lembut” pada saus Anda melalui amalgamasi.

Membuat Sandwich Yang Enak

Buat orang yang Anda cintai atau tamu terkesan dengan sandwich yang enak dengan menyebarkan mayo secara merata ke seluruh sudut irisan roti. Menambahkan mayo sering kali dilakukan dengan cepat, meninggalkan gumpalan terutama di tengah sandwich. Setiap suapan bisa lebih nikmat jika dioleskan secara merata!

Menyiapkan Wajan Secara Tepat

Mulailah dengan persiapan sebelum dimasak. Ini akan membantu menghindari bencana memasak yang bisa timbul karena ketidaksiapan, termasuk gejolak minyak yang terlalu panas atau memilih suhu yang salah untuk kebutuhan Anda.

Pastikan wajan Anda tidak terlalu penuh saat menumis makanan. Kelembaban berlebih dapat mengukus makanan versus menumis, meminimalkan kemungkinan Anda mendapatkan kerenyahan yang Anda inginkan.

Pertahankan api atau pembakar di sekitar medium saat Anda menumis. Pastikan saat Anda memasak, gunakan lebih sedikit minya namun lebih sering menuangkannya saat diperlukan. .

Bersihkan Piring Untuk Menghemat Waktu

Untuk meminimalkan usaha yang terlibat dalam memasak, bersihkan piring yang Anda gunakan saat Anda bergerak selama proses memasak. Isilah satu sisi wastafel dengan air sabun segar yang hangat dan taruh bilas air jernih di sisi lainnya.

Mangkuk dan peralatan pencampur mudah dicuci setelah digunakan dan akan bersih serta siap untuk menyiapkan bahan makanan keluarga Anda berikutnya.

Akhir Kata

Dengan tetap berpegang pada resep sederhana, Anda dapat menghasilkan sesuatu yang cepat dan sehat tetapi tetap memiliki rasa yang enak. Sekarang semuanya tergantung pada tingkat keahlian Anda.

Semoga kiat-kiat ini dapat membantu Anda memahami memasak dan membuat makanan terasa enak.

Selamat memasak!