3 Cara Mudah Belajar Keyboard untuk Pemula

Keyboard terkadang merupakan alat musik yang sulit dimainkan oleh sebagian orang. Namun, ada beberapa cara untuk membuat belajar lebih mudah. Bagi pemula yang ingin mempelajari alat musik yang satu ini, berikut langkah-langkah mudah untuk mempelajarinya.

Tips Belajar Keyboard untuk Pemula

Keyboard

1. Pelajari Empat Kunci Nada Dasar C

Bagi anda yang masih pemula, anda bisa mempelajari beberapa chord yang ada di root C terlebih dahulu. Keempat kunci tersebut terdiri dari I, IV, V dan juga VI. Karena ketika Anda mempelajari keyboard dengan menggunakan nada dasar C terlebih dahulu, itu menjadi lebih mudah.

Hal ini dikarenakan kombinasi nada yang terdapat pada nada C tidak menggunakan mol (b) atau cress (#). Ini akan membuat mereka lebih mudah diingat nanti. Untuk itu, sebagai pemula, salah satu hal yang perlu Anda pelajari adalah nada dasar C.

Saat mempelajari chord lagu atau kunci keyboard yang ada di root C, Anda akan menemukan 4 jenis kunci root. Yang pertama adalah C yang memiliki akord yaitu C E G. Kemudian ada F yang memiliki akord A C. Selanjutnya ada akord G yang memiliki akord G B D dan juga Am yang memiliki akord A C E.

2. Chord Dasar yang Terdiri Dari 3 Not

Kemudian, sebelum Anda mempelajari kunci dasar keyboard, Anda juga perlu mengetahui bahwa ada akord dasar dari instrumen yang satu ini yang tidak bisa berdiri sendiri. Ada kombinasi akord yang berbeda yang membentuk satu unit kunci. Tentunya hal ini akan sangat berbeda ketika Anda mempelajari alat musik lain seperti gitar dan lain-lain.

Untuk ini perlu Anda ketahui bahwa 1 kunci piano dasar hanya terdiri dari 3 nada. Beri nama seperti akord C yang terdiri dari CE G. Akord D terdiri dari DF#A. Kemudian ada juga akord lain seperti Am yang terdiri dari AC E. Dan untuk akord Bm akan terdiri dari BDF#.

Kuncinya memiliki tiga nada. Tentu saja, ketika Anda mempelajari keyboard, Anda perlu memperhatikan. Kunci atau akord keyboard sendiri dibagi menjadi 7 pola di root. Umumnya pola ditulis dengan angka romawi yaitu I – VII.

Sedangkan untuk akord minor sendiri mudah dikenali dari tandanya yaitu II, III dan VI. Dan untuk akord mayor sendiri dilambangkan dengan angka romawi yaitu I, IV, dan V. Pola VII juga sering disebut dengan akor yang memiliki pola khusus atau disebut dengan tanda akord yang diperkecil.

3. Pahami Letakkan Jari Anda dengan Benar

Hal yang satu ini mungkin tampak sederhana, tetapi ini adalah cara mempelajari keyboard yang harus Anda ketahui. Karena belajar memainkan alat musik ini tidak semudah yang Anda bayangkan. Anda tidak hanya perlu menghafal kunci root, Anda juga perlu ketangkasan untuk menggerakkan jari Anda secara berirama untuk mendapatkan nada yang tepat.

Jadi, Anda perlu belajar bagaimana meletakkan jari Anda pada posisi yang benar. Selain belajar sendiri, Anda bisa menggunakan jasa guru piano berpengalaman. Dengan cara ini Anda dapat memainkan not dengan benar dan menempatkan jari Anda sesuai dengan itu.

Itulah beberapa hal yang perlu dipelajari untuk memainkan alat musik yang satu itu, semoga bermanfaat.

Baca Juga: Pahami Gambar Grafik Trading Forex dengan Benar