Media Sosial paling Ngetren dalam Dunia Teknologi Telekomunikasi

Dunia berita teknologi telekomunikasi terus mengalami perubahan. Perkembangan dan pembaruan di dalamnya membuat kita harus ikut serta menyesuaikan diri di dalamnya. Salah satu hal dalam dunia teknologi telekomunikasi yang pesat adalah media sosial.

Media sosial menjadi wadah bagi banyak orang untuk melakukan komunikasi hingga melakukan hobinya untuk seluruh pengguna smartphone android dan iPhone. Melalui media sosial pula, banyak orang yang mendapatkan penghasilan dengan jumlah yang tak sedikit lho.

Tren 2020 menunjukkan bahwa media sosial cukup penting keberadaannya hampir di semua kalangan. Semua orang sudah tidak asing lagi dengan teknologi telekomunikasi yang menggunakan berbagai media ini. 

Seiring dengan kemajuan zaman, berbagai jenis platform media sosial bermunculan. Tentunya dengan semakin kreatif, inovatif dan canggih dengan fungsi yang beragam.

Masing-masing platform media sosial tersebut tentunya memiliki keunikan masing-masing. Perbedaan ini bisa dilihat dalam karakteristiknya, baik itu dari sisi fitur maupun cara penggunaannya.

Dari keunikan-nya itulah mereka bisa bertahan ditengah ketatnya persaingan keras mereka dalam menarik perhatian pengguna, agar tetap populer dan tidak ditinggalkan penggunanya.

Lalu apa saja platform media sosial yang paling populer dan paling banyak digunakan dalam dunia teknologi telekomunikasi data ini? Yuk simak ulasan berikut ini! 

Facebook, Rajanya Sosial Media

Media Sosial paling Ngetren dalam Dunia Teknologi Telekomunikasi

Platform media sosial satu ini sudah tidak lagi diragukan lagi kepopulerannya. Jumlah pengguna aktif facebook saat ini sudah mencapai sebanyak 2,4 Milyar pengguna. Maka dapat dipastikan jika hampir setiap penduduk bumi yang tersebar di berbagai negara mempunyai akun Facebook.

Facebook merupakan media sosial yang didirikan oleh Mark Zuckerberg bersama teman-temannya di Universitas Harvard. Tak lama kemudian, Facebook lalu mulai diluncurkan pada bulan Februari 2004. Nama facebook sulit sekali digantikan kepopulerannya oleh media sosial yang lain hingga usianya yang cukup tua.

Inovasi dan kerja sama facebook dengan berbagai pihak membuatnya mampu bertahan di tengah perubahan yang ada. Misalnya adalah facebook menggandeng whatsapp dan instagram yang kini juga memiliki jumlah pengguna cukup banyak dalam mengembangkan aplikasinya.

Untuk mempermudah penggunanya dalam hal telekomunikasi, teknologi di Facebook memberikan fiturnya. Di sini ada ruang bagi pengguna untuk dapat saling tegur sapa, ngobrol, dan berdiskusi secara online sama halnya dengan media sosial lain, dan aplikasi chat lainnya.

Facebook menjadi media sosial yang dianggap tepat untuk untuk mencari teman atau melakukan interaksi dan diskusi antar pengguna di berbagai tempat. Selain itu, bisa untuk mencari komunitas dengan hobi yang sama hingga sampai aktivitas jual beli pun dapat dengan mudah dilakukan melalui Facebook.

Berkantor pusat di Menlo Park, California, kini Facebook memiliki lebih dari 25.000 karyawan dengan 42 kantor cabang internasional yang tersebar di berbagai belahan dunia membuktikan bahwa Facebook benar – benar ‘merajai’ dunia sosial media.

Youtube, Teknologi Media Video

Media Sosial paling Ngetren dalam Dunia Teknologi Telekomunikasi

Platform media sosial spesialis video ini menjadi populer dalam beberapa waktu terakhir ini. Youtube sendiri didirikan oleh Steve Chen, Chad Hurley dan Jawed Karim pada Februari 2005 lalu. Ketiga orang tersebut memutuskan mendirikan youtube setelah memutuskan keluar dari Paypal.

Melihat tingginya minat masyarakat terhadap Youtube yang semakin meningkat, akhirnya Youtube  dibeli oleh Google dan resmi beroperasi sebagai anak perusahaannya pada bulan November 2005 lalu.

Tahukah kamu jika youtube ini menjadi penggerak teknologi telekomunikasi dalam bentuk video dengan pengguna terbanyak. Saat ini youtube memiliki pengguna lebih dari 2 milyar yang aktif. Youtube yang berkantor pusat di San Bruno, California ini memiliki banyak pengguna yang terus melakukan inovasi pula.

Youtube secara unik bisa masuk ke dalam kategori platform sosial media. Youtube memungkinkan para pengguna untuk dapat saling berinteraksi dan menyampaikan informasi dalam bentuk video.

Di sini, pngguna juga dapat berinteraksi dengan menyampaikan pendapatnya mengenai video yang di unggah pengguna lain dengan memberikan tanda suka dan komentar. Teknologi telekomunikasi jenis ini tentu lebih menarik bukan?

Instagram yang Makin Hits

Media Sosial paling Ngetren dalam Dunia Teknologi Telekomunikasi

Instagram ini pada awalnya terinspirasi oleh kamera polaroid yang dapat menghasilkan foto secara instan. Kemudian akhirnya ide tersebut dikembangkan oleh perusahaan Burbn, Inc yang berdiri pada tahun 2010. Maka jadilah aplikasi Instagram yang dikenal sebagai aplikasi media sosial spesialis foto.

Awalnya aplikasi Instagram ini hanya bisa digunakan oleh pengguna iPhone saja. Tetapi seiring perkembangan teknologi telekomunikasi, kini instagram sudah menjadi raksasa media sosial dengan peringkat ketiga sosial media terpopuler. Hal ini dibuktikan dengan jumlah pengguna aktif Instagram yang mencapai lebih dari 1 Milyar pengguna.

Fitur utama Instagram adalah berbagi foto dan video secara langsung dimanapun dan kapanpun. Selain itu, instagram juga memungkinkan untuk berkirim pesan hingga melakukan panggilan video. Sehingga media sosial ini memiliki teknologi telekomunikasi yang sangat menarik.

Dalam aplikasi ini Anda bisa saling follow antar teman, dan juga mengikuti para influencer, artis, dan orang-orang terkenal. Tak jarang orang menggunakan jasa buy followers untuk kepentingan akun instagramnya.

Baca juga: 10 Tips Memasak Agar Hidangan Anda Terasa Istimewa

Kepopuleran instagram semakin naik daun dengan banyaknya pengguna yang memanfaatkan aplikasi ini sebagai media untuk bisnis dan memasarkan produk. Melihat kepopuleran Instagram yang semakin meningkat, akhirnya pada tahun 2012 Instagram secara resmi dibeli oleh Facebook dan kini telah menjadi anak perusahaan Facebook.

Tiktok

Media Sosial paling Ngetren dalam Dunia Teknologi Telekomunikasi

Aplikasi Tiktok belakangan ini menjadi ramai untuk diperbincangkan. Meski terbilang baru, ternyata Tiktok masuk ke dalam 10 besar sosial media terpopuler saat ini. Aplikasi ini diluncurkan pertama kali pada tahun 2016 dan dikembangkan oleh perusaahan ByteDance yang bermarkas di China.

Tiktok merupakan sebuah layanan jejaring sosial di mana pengguna bisa berbagi video berdurasi pendek. Fiturnya adalah bisa menampilkan musik sebagai latar belakang yang dapat diedit seperti dipercepat, diperlambat, atau ditambahkan filter tertentu yang menarik.

Aplikasi ini terbilang canggih dalam teknologi telekomunikasi lho. Pengguna Tiktok dapat berinteraksi layaknya sosial media lainnya. Di sini juga bisa memberi komentar, dan mengirimkan pesan.

Sebagai aplikasi baru yang memiliki jumlah pengguna aktif mencapai lebih dari 500 juta orang, Tiktok ternyata tidak hanya dapat digunakan untuk membuat video pribadi. Fitur tambahan di dalamnya bisa membuatmy melakukan duet dengan teman yang kamu pilih untuk membuat video menarik.

Reddit, Forum Dunia Online

Reddit, Forum Dunia Online

Reddit sendiri dikenal sebagai tempat untuk berdiskusi dalam bentuk konten dengan berbagai topik. Aplikasi ini didirikan oleh Steve Huffman, Aaron Swartz, dan Alexiz Ohanian, Reddit pada tahun 2005 di Amerika Serikat.

Reddit merupakan sebuah forum diskusi online yang konsepnya hampir sama seperti Kaskus, tetapi cakupan Reddit lebih besar. Dengan kepopulerannya, pengguna Reddit hingga saat ini sudah mencapai lebih dari 330 juta pengguna di seluruh dunia.

Jika sudah terdaftar sebagai anggota Reddit, pengguna dapat membuat konten dengan topik tertentu sesuai minat. Selain itu, di sini juga bisa berkomentar, ataupun memberikan pertanyaan. Konsep teknologi telekomunikasi ini menjadi hal yang bagus untuk bidang diskusi.

Pengguna yang memposting konten di Reddit ini dinamakan redditors. Para Redditors dapat memposting berbagai topik. Karena banyaknya topik yang ada, maka dibagi menjadi banyak Subreddit, mulai dari hal – hal konyol sampai yang serius semuanya ada di forum ini.

Twitter, Aplikasi Cuitan Nomor Satu

Twitter, Aplikasi Cuitan Nomor Satu

Aplikasi twitter merupakan sebuah media sosial yang didirikan pada tahun 2006 oleh Jack Dorsey. Aplikasi ini selalu masuk dalam daftar salah satu dari sepuluh platform media sosial yang paling populer digunakan di berbagai versi.

Hal ini sesuai dengan jumlah penggunanya. Saat ini, twitter memiliki 330 Juta pengguna aktif di setiap bulannya.

Kemunculan twitter ini pada mulanya terinspirasi dari penggunaan kode pesan singkat. Kode ini mulanya hanya digunakan sebagai media komunikasi internal pada perusahaan podcast bernama Odeo.

Bagi pengguna aktif Twitter, pasti sudah tidak asing dengan istilah “tweet”. Istilah tersebut secara harfiah diartikan sebagai ‘kicauan burung’, dengan maksud sebagai sesuatu yang bersifat singkat, berisik dan tidak penting.

Filosofi inilah yang kemudian mendasari nama, logo, dan prinsip utama twitter yang simpel. Hal simpel yang ditunjukkan dari aplikasi Twitter terlihat dari pembatasan jumlah karakter tweet yang tidak boleh melebihi 280 karakter.

Salah satu fitur penting twitter yang tidak dimiliki oleh platform lain adalah trending topic, dimana pengguna dapat mengetahui hashtag atau tagar. Ini merupakan tautan dari topik yang paling terkini, terpanas dan terpopuler yang sedang dibicarakan oleh pengguna.

LinkedIn, Jejaring Para Profesional

LinkedIn, Jejaring Para Profesional

LinkedIn adalah sebuah media sosial para pelaku usaha profesional yang diluncurkan sejak tahun 2003 lalu. Saat ini, LinkedIn sendiri sudah digunakan oleh lebih dari 310 juta orang lho.

Pendiri dari LinkedIn adalah Reid Hoffman dan teman-temannya. Mereka mendirikan aplikasi ini memang berbeda dari sosial media lainnya, LinkedIn bukanlah sembarang sosial media.

LinkedIn menjadi sebuah media sosial yang berbasis bisnis yang dikhususkan untuk lingkup pekerjaan yang profesional. Sehingga media sosial ini tidak hanya sebagai pemilik teknologi telekomunikasi saja, tetapi juga berfungsi untuk membangun jaringan.

Seseorang yang telah memiliki akun LinkedIn di sini dapat melengkapi berbagai info professional. Informasi yang dicantumkan antara lain biodata pribadi, kemampuan, pengalaman kerja, riwayat pendidikan, hobi, dan lain sebagainya.

Tak hanya sebagai ajang memamerkan kemampuan dan pengalaman, LinkedIn juga menjadi media sosial untuk melakukan interaksi dunia maya. Bahkan bisa bertemu banyak pengguna lain dengan berbagai latar belakang, mulai  dari para bos, karyawan, dan perekrut.

Snapchat

Snapchat

Snapchat merupakan aplikasi berbagi foto dan video yang dikembangkan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown. Aplikasi ini rilis pada tahun 2011 dan sudah menggaet pengguna mencapai 294 juta orang.

Snapchat memungkinkan penggunanya untuk berbagi foto dan video. Pengguna snapchat juga bisa menikmati fitur berbagai filter di dalamnya yang membuat foto dan video makin menarik.

Pinterest, Aplikasi Foto Aestetik

Pinterest, Aplikasi Foto Aestetik

Pinterest merupakan sebuah aplikasi virtual pin-board yang memungkinkan penggunanya untuk mengunggah foto. Foto ini bisa dimasukkan ke dalam berbagai kategori semacam album atau folder.

Pinterest didirikan oleh Ben Silbermann, Paul Sciarra, dan Evan Sharp di San Francisco, California. Ide ini muncul pada bulan Desember 2009 dan pada awalnya diluncurkan secara tertutup pada bulan Maret 2010 melalui undangan ke calon pengguna baru.

Dengan peminat yang cukup tinggi dalam hal teknologi telekomunikasi, Pinterest telah memiliki pengguna aktif yang cukup besar, yaitu mencapai 265 juta pengguna aktif.

Demikian tadi beberapa aplikasi media sosial yang paling populer dalam dunia teknologi telekomunikasi. Masing-masing aplikasi memiliki berbagai kelebihan dan karakteristiknya masing-masing. Mana yang menjadi favoritmu?